Giro pada Bank Indonesia adalah saldo rekening giro bank baik dalam rupiah maupun dalam valuta asing di Bank Indonesia

Kegiatan bank yang berkaitan dengan giro:

• Pengambilan dan penyetoran kas fisik • Penyelesaian kewajiban kepada pihak lain • Penerimaan tagihan dari pihak lain  Lain-lain

Penyelesaian utang piutang dengan bank lain/
bank
indonesia

Penyelesaian utang piutang dengan bank lain atau Bank Indonesia dilakukan melalui sarana kliring

Kliring adalah suatu tata cara lalu lintas pembayarab giral antar bank dengan menggunakan warkat kliring yang dilakukan dengan cara saling memperhitungkan, baik atas beban maupun untuk keuntungan nasabah masing-masing bank peserta kliring yang dilakukan melalui lembaga kliring

Warkat Kliring

Warkat kliring yang digunakan dalam lalu lintas pembayaran giral terdiri dari cek, bilyet giro, surat bukti penerimaan transfer, wesel unjuk, nota debit/ kredit dsb yang disetujui Bank Indonesia

¶Warkat Debit yaitu surat pengakuan bahwa bank mempunyai tagihan kepada bank lain.

¶Warkat Kredit yaitu surat pengakuan bahwa bank mempunyai utang kepada bank lain.

Jenis Kliring

Kliring Keluar Merupakan kegiatan penerimaan warkat-warkat kliring dari nasabah untuk ditagihkan/ diserahkan ke bank lain melalui lembaga kliring.

Kliring Masuk Merupakan kegiatan penerimaan warkat-warkat kliring yang diterima dari bank lain atas beban rekening nasabah yang ditatausahakan di bank yang bersangkutan.

Mekanisme Kliring

¶Kliring Keluar

A.Teller Kliring Bank

Teller kliring bank setiap hari menerima setoran dari nasabah dalam bentuk warkat/ tagihan ke bank lain (setoran nontunai).

B.  Petugas Kliring Bank

Petugas kliring bank mencatat warkat-warkat kliring pada daftar kliring menurut bank. Masing-masing bank peserta kliring dibuatkan satu daftar kliring.

Daftar kliring terdiri dari tiga lembar: Lembar pertama diserahkan ke bank lawan, lembar kedua untuk Bank Indonesia dan lembar ketiga untuk arsip bank yang bersangkutan.

C.  Pejabat Bank

Sebelum petugas kliring berangkat ke lembaga kliring, semua hasil kerjanya diperiksa dahulu oleh pejabat bank.

D.  Lembaga Kliring

Petugas kliring masing-masing bank membagikan daftar kliring beserta warkat-warkat kliringnya ke masing-masing bank peserta kliring. Oleh Bank Indonesia maka daftar kliring dan rekapitulasi daftar kliring yang diterima dari masing-masing bank peserta kliring dilakukan perhitungan.

¶  Kliring Masuk

Kliring masuk merupakan kelanjutan dari mekanisme kerja kliring keluar.

A. Petugas Kliring Bank, Petugas kliring bank membawa pulang daftar kliring yang diterimanya dari bank-bank lawan beserta warkat-warkat yang akan ditagihkan atau dikreditkan ke masing-masing rekening nasabahnya yang ditatausahakan di bank yang bersangkutan.

B. Teller Kliring Bank

•Memeriksa keaslian warkat dan kebenaran penulisan dan tanda tangan •Pengecekan kebenaran pengisian warkat dan tanda tangan •Apabila saldonya cukup maka membukukan warkat ke rekening nasabah •Membuat surat penolakan bila saldo tidak cukup

Jurnal apabila saldo mencukupi:

Rekening Giro/Pinjaman Nsbh

Kas kliring masuk

About these ads