Kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas dipergunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan. Pengertian kas mencakup mata uang kertas dan logam baik dalam valuta rupiah maupun valuta asing yang masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

Kegiatan Operasional Bank Tentang Kas

Pengelolaan uang kas:

•Kas dikelola oleh teler dan supervisor kas/ pimpinan unit kerja bank.

•Uang kas di counter teller menjadi tanggung jawab teller.

•Uang kas di brankas menjadi tanggung jawab supervisor/ pimpinan unit kerja bank.

Kegiatan Pengelolaan Kas

  • Pengurusan kas harian , Pengurusan kas harian adalah pengurusan kas selama jam kerja yang dilakukan oleh teller selama jam kerja. Pengurusan ini meliputi pengurusan apabila ada kekurangan maupun kelebihan kas di teller.
  • Kas porti (Petty Cash) , Kas Porti atau Kas kecil adalah dana khusus yang disediakan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan untuk keperluan internal, misalnya pembayaran bensin, pembelian meterai dsb. §Penanggung jawab kas porti ini adalah petugas yang mengurusi suatu unit kerja. §Kas porti dipertanggung jawabkan setiap akhir hari atau sesuai kebijakan perusahaan. §Pencatatan kas porti bisa dilakukan dengan dua cara yaitu sistem dana tetap dan sistem dana berfluktuasi.
  • Kas di anjungan tunai mandiri,§Kas ATM adalah kas yang disediakan didalam mesin ATM untuk keperluan pengambilan uang tunai oleh nasabah setiap saat. Pengurusan kas ATM dilakukan salah satu teller dibawah pengawasan supervisor.
  • Pergeseran kas antar unit kerja ,§Apabila uang kas tidak bisa dipenuhi dari uang kas yang ada di brankas kantor cabang bank maka dilakukan penambahan kas dari kantor cabang lain maupun dengan cara mengambil ke Bank Indonesia. §Apabila uang kas melampaui ketentuan maksimum yang diperkenankan maka harus menyetorkan ke Bank Indonesia atau ke kantor cabang lain.
  • Pengamanan Kas, §Uang kas yang ada di bank harus diamankan dari tindakan kejahatan maupun kebakaran dengan mengasuransikan uang tersebut. §Asuransi untuk uang dalam perjalanan dilakukan dengan deklarasi asuransi cash in transit (CIT) §Asuransi uang kas yang ada di brankas kantor cabang atau kas diasuransikan dengan asuransi cash in save. §Asuransi untuk kas dalam penguasaan teller dan kas ATM diasuransikan dengan deklarasi cash in counter box (CICB) §Deklarasi CIT dilakukan setiap bulan sedangkan CIS dan CICB setiap setahun sekali.